BAB
I
Analisis
jurnal
Tema
: pemasalahan ekonomi
Judul
: pembahasan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada
pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara
leluasa.
Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan
konsumen.
Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran
mencerminkan
keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat
terutama
dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras,
terigu,
kopra,
dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan
penyelenggaraan
jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa ( pertukangan,
kerajinan
).
Dalam
persaingan sempurna ini pembeli dan penjual berjumlah banyak. Artinya,
jumlah
pembeli dan jumlah penjual sedemikian besarnya,
1.2
Metode Penulisan
Metode
penulisan makalah ini menggunakan metode pustaka dan metode searching
melalui
internet mengenai makalah yang kami buat.
1.3
Rumusan Masalah
Dari
latar belakang di atas dapat di buat beberapa rumusan masalah yaitu antar lain:
1.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna.
2.
Pemaksimuman keuntungan jangka pendek.
3.
Keseimbangan dalam industri.
4.
Kebaikan & keburukan pasar persaingan sempurna.
BAB
II
PEMBAHASAN
MASALAH
1.1
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
1
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri
dimana
terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli tidak
dapat
mempengaruhi
keadaan di pasar.
Ciri-ciri
selengkapnya dari pasar persaingan sempurna adalah seperti yang diuraikan
dibawah
ini :
�� Perusahaan adalah pengambil harga
Pengambil
harga atau price taker berarti suatu perusahan yang ada di
dalam
pasar
tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan
perusahaan
dalam pasar, ia tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar
yang
berlaku.
�� Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya
perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan industri
tersebut,
langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada produsen
yang
ingin melakukan kegiatan di industri tersebut, produsen tersebut dapat dengan
mudah
melakukan kegiatan yang diinginkannya tersebut.
�� Menghasilkan
barang serupa
Barang
yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk dibedabedakan.
Barang
yang dihasilkan sangat sama atau serupa. Tidak terdapat perbedaan
yang
nyata diantara barang yang dihasilkan suatu perusahaan lainnya.
EKONOMI
KOPERASI
dihasilkan
seorang produsen merupakan pengganti sempurna kepda barang yang
dihasilkan
oleh produsen-produsen lain. Sebagai akibat dari efek ini, tidak ada
gunanya
kepada perusahaan-perusahaan untuk melakukan persaingan yang berbentuk
persaingan
bukan harga atau nonprice competition atau persaingan
dengan misalnya
melakukan
iklan dan promosi penjualan.
�� Terdapat banyak perusahaan di
pasar
Sifat
inilah yang menyebabkan perusahaan tidak mempunyai kekuasaan untuk
mengubah
harga.
�� Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam
pasar persaingan sempurna juga dimisalkan bahwa jumlah pembeli
adalah
sangat banyak.
2.2
Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
Pasar
persaingan sempurna memiliki bebarapa kebaikan dibandingkan pasar-pasar
yang
lainnya antara lain :
1.
Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
Sebelum
menerangkan kebaikan dari pasar persaingan sempurna ditinjau dari sudut
efisiensi,
terlebih
dahulu akan diterangkan dua konsep efisiensi yaitu:
a.
Efisiensi produktif
Untuk
mencapai efisiensi produktif harus dipenuhi dua syarat. Yang pertama,
untuk
setiap tingkat produksi, biaya yang dikeluarkan adalah yang paling minimum.
Untuk
menghasilkan suatu tingkat produksi berbagai corak gabungan faktor-faktor
produksi
dapat digunakan. Gabungan yang paling efisien adalah gabungan yang
mengeluarkan
biaya yang paling sedikit.
b.
Efisiensi Alokatif
Untuk
melihat apakah efisiesi alokatif dicapai atau tidak, perlulah dilihat
apakah
alokasi sumber-sumber daya keberbagi kegiatan ekonomi/produksi telah
dicapai
tingkat yang maksimum atau belum.
c.
Efisiensi dalam persaingan sempurna
Didalam
persaingan sempurna, kedua jenis efisiensi ynag dijelaskan diatas
akan
selalu wujud.
2. Kebebasan
bertindak dan memilih
Persaingan
sempurna menghindari wujudnya konsentrasi kekuasaan di segolonan
kecil
masyarakat. Pada umumnya orang berkeyakinan bahwa konsentrasi semacam itu akan
membatasi
kebebasan seseorang dalam melakukan kegiatannya dan memilih pekerjaan yang
disukainya.
Didalam
pasar yang bebas tidak seorang pun mempunyai kekuasaan dalam
menentukan
harga, jumlah produksi dan jenis barang yang diproduksikan. Begitu pula dalam
menentukan
bagaimana faktor-faktor produksi digunakan dalam masyarakat,
EKONOMI
KOPERASI
kekuasan
untuk menentukan corak pengalokasiannya. Selanjutnya dengan adanya kebebasaan
untuk
memproduksikan berbagai jenis barang maka masyarakat dapat mempunyai pilihan
yang
lebih banyak terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang diperlukan untuk
memenuhi
kebutuhannya.
Dan masyarakat mempunyai kebebasan yang penuh keatas corak pilihan yang
akan
dibuatnya dalam menggunakan factor-faktor produksi yang mereka miliki.
Disamping
memiliki kebaikan-kebaikan, pasar persaingan sempurna juga memiliki
keburukan-keburukan
antara lain :
1.
Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
Dalam
pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh
perusahaan
lain. Sebagai akibatnya suatu perusahaan tidak dapat meemperoleh keuntungan
yang
kekal dari mengembangkan teknologi dan teknik memproduksi yang baru tersebut.
Oleh
sebab
itulah keuntungan dalam jangka panjang hanyalah berupa keuntungan normal,
2.
Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
Didalam
menilai efisiensi perusahaan yang diperhatikan adalah cara perusahaan itu
menggunakan
sumber-sumber daya. Ditinjau dari sudut pandangnan perusahaan,
penggunaannya
mungkimn sangat efisien. Akan tetapi, ditinjau dari sudut kepentingan
masyarakat,
adakalanya merugikan.
3.
Membatasi pilihan konsumen
Karena
barang yang dihasilkan perusahaan-perusahan adalah 100 persen sama,
konsumen
mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan
dikonsumsinya.
4.
Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Didalam
mengatakan biaya produksi dalam pasar persaingan sempurna adalah paling
minimum,tersirat
(yang tidak dinyatakan)pemisalan bahwa biaya produksi tidak berbeda.
Pemisalan
ini tidak selalu benar.
EKONOMI
KOPERASI
5.
Distribusi pendapatan tidak selalu rata
Suatu
corak distribusi pendapatan tertentu menimbulkan suatu pola permintaan
tertentu
dalam masyarakat. Pola permintaan tersebut akan menentukan bentuk pengalokasian
sumber-sumber
daya. Ini berarti distribusi pendapatan menentukan bagaimana bentuk dari
penggunaan
sumber-sumber daya yang efisien.
2.1
PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar
persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak
sebanding
atau tidagk seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu
penjual
atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli
yang
menguasai
pasar. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna adalah sebagai berikut:
1.
Monopoli
Struktur
pasar yang sangat betentangan ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah
pasar
monopoli. Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu
perusahaan
saja.
Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti
yang
yang
sangat dekat. Ciri-ciri pasar monopoli sangat berbeda dengan pasar persaingan
sempurna.
Uraian berikut menerangkan ciri-ciri monopoli sebagai berikut:
�� Pasar
monopoli adalah industry satu perusahaan. Hanya ada satu saja perusahaan dalam
industry
tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli
dari
tempat
lain.
�� Tidak
mempunyai barang pengganti yang mirip. Barang yang dihasilkan perusahaan tidak
dapat
digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan
satusatunya
jenis
yang barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat
menggantikan
barang tersebut. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tdak
mempunyai
barang pengganti yang mirip.
�� Tidak
terdapat kemungkina untuk masuk ke dalam industry. Merupakan sebab utama yang
menimbulkan
perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar
monopoli
tidak akan terwujud, karena tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan
terdapat
beberapa perusahaan didalam industry.
�� Dapat
mempengaruhi peneuan harga. Perusahaan merupakan satu-satunya penjual di dalam
pasar,
maka penentuan harga dapat dikuasai. Oleh sebab itu perusahaan monopoli
dipandang
sebagai penentu harga atau price setter.
�� Promosi
iklan kurang diperlukan. Perusahaan monopoli tidak perlu mempromosikan
barangnya
dengan menggunakan iklan. Pembeli yang memerlukan barang yang
diproduksinya
terpaksa membeli daripadanya.
Factor-faktor
yang menimbulkan Monopoli.
�� Perusahaan
monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki
oleh
perusahaan lain.
�� Perusahaan
monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi hingga ke tingkat
produksi
yang sangat tinggi.
�� Monopoli
wujud dan berkembang dan berkembang melalui undang-undang, yaitu
pemerintah
member hak monopoli kepada perusahaan.
EKONOMI
KOPERASI
II.
Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa
produsen
atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli
adalah
industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya.
Ciriciri
pasar
Oligopoli
�� Menghasilkan
barang standar maupun barang berbeda corak. Industry dalam pasar
oligopoly
yang demikian sifaanya banyak dijumpai dalam industry yang menghasilkan
bahan
mentah seperti pda produsen bensin, industry baja dan alumunium dan industry
bahan
baku seperti industry semen dan bahan bangunan
�� Kekuasaan
menentukan harga adakalanya lemah dan adakalanya sangat tanggu. Dari dua
kemungkinan
ini, yang mana yang akan wujud tergantung kepada bentuk kerjasama di
antara
perusahaan-perusahaa dalam pasar oligopoly. Tanpa ada kerjasama, kekuasaan
menentukan
harga menjadi lebih terbatas. Apabila suatu perusahaan menurunkan harga,
dalam
waktu yang singkat ia akan menarik banyak membeli.
�� Pada
umumnya perusahaan oligopoly perlu melakukan promosi secara iklan. Iklan sangat
diperlukan
oleh perusahaan oligopoly yang menghasilkan barang yang berbeda corak.
Kegiatan
promosi secara iklan yang sangat aktif tersebut adalah untuk dua tujuan, yaitu
menarik
pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama.
Macam-macam
pasar oligopoli :
�� Pasar
oligopoli murni (pure oligopoly). Ini merupakan praktek oligopoli dimana barang
yang
diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik.contohnya : praktek pasar
oligopoli
dalam produk sabun mandi.
�� Pasar
oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly)Pasar ini merupakan suatu
bentuk
praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan.contohnya :
praktek
pasar oligopoli dalam produk mobil.
Pasar
oligopoli memiliki KELEBIHAN sebagai berikut :
1.
Adanya efisiensi dalam menjalankan kegiatan produksi
2.
Persaingan di antara perusahaan akan memberikan keuntungan bagi konsumen dalam
hal
harga
dan kualitas barang.
Pasar
oligopoli juga memiliki KELEMAHAN, yaitu :
1.
Dibutuhkan investasi dan modal yang besar untuk memasuki pasar, karena adanya
skala
ekonomis
yang telah diciptakan perusahaan sehingga sulit bagi pesaing baru untuk masuk
ke
dalam pasar.
2.
Apabila terdapat perusahaan yang memiliki hak paten atas sebuah produk, maka
tidak
memungkinkan
bagi perusahaan lain untuk memproduksi barang sejenis.
3.
Perusahaan yang telah memiliki pelanggan setia akan menyulitkan perusahaan lain
untuk
menyainginya
III.
Monopolistik
Pasar
monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis bentuk
pasar
yang
ekstrem, yaitu persaingan sempurna dan monopoli. Oleh karena itu sifat-sifat
bentuk
pasar
ini mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan sifat pasar persaingan
sempurna.
BAB
III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Kesimpulan
yang dapat diambil dari karya tulis ini adalah :
�� Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri
dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pun pembeli
tidak
dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
�� Ciri-ciri
dari pasar persaingan sempurna adalah
a.
Perusahaan adalah pengambil harga
b.
Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk
c.
Menghasilkan barang yang serupa
d.
Terdapat banyak perusahaan di pasar
e.
Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna
�� Kebaikan
dan keburukan dari pasar persaingan sempurna
Kebaikannya
:
a.
Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
b.
Kebebasan bertindak dan memilih
Keburukannya
:
a.
Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
b.
Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
c.
Membatasi pilihan konsumen
d.
Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
e.
Distribusi pendapatn tidak selalu merata
Nama : oki mahdani w
Kelas : 3dd01
Tugas : analisis jurnal metode riset
Tidak ada komentar:
Posting Komentar